Minggu, 23 September 2018

Lagi, Kali Ini Rumah Belajar di MGMP IPS SMP Tingkat Kabupaten


Komitmen Bapak Rahmat Said, ketua MGMP IPS Kab. Wajo untuk terus melakukan perbaikan dalam peningkatan profesional guru-guru IPS SMP di Kabupaten Wajo direalisasikan dengan mengadakan kembali sosialisasi pemanfaatan rumah belajar di tingkat kabupaten. Kegiatan kali ini dihadiri oleh Bapak Aco Karumpa selaku Kabid Dikdas. Dalam sambutannya, beliau mengatakan “kita sedang menghadapi pendidikan abad 21, kurikulum boleh berubah setiap lima sampai sepuluh tahun. Namun tuntutan perubahan yang paling cepat adalah strategi mengajar guru. Perubahan tak dapat ditunda dari generasi ke generasi. Saat ini kita berstatus generasi Y dan yang kita hadapi adalah generasi Z, sebentar lagi generasi Alfa dan generasi Beta”. Sambutan beliau memberikan pesan moral bahwa setiap insan pendidik harus berani keluar dari zona nyaman yang selama ini kita lakoni. Kita sekarang menghadapi era digital, pembelajaran pun sudah harus berbasis digital.



Rumah belajar dapat menjadi solusi dalam menghadirkan kebermaknaan belajar di era abad 21. Pembelajaran melalui kelas maya pada fitur rumah belajar bentuk konkret upaya kita dalam mengimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah. Pembelajaran kelas maya yang dikelola pada portal rumah belajar memanfaatkan sistem aplikasi LMS (Learning Management System). Pemanfaatan sistem LMS membuat kita berada dalam komunitas siswa, guru, dan lingkup sekolah. Aktivitas pembelajaran saat kita bertatap muka pada siswa dapat juga dilakukan di kelas maya. Di kelas maya, guru dapat memberikan penugasan, kuis, ujian, dan aktivitas siswa dapat kita pantau melalui forum diskusi. Siswa pun dapat mengunduh materi atau video belajar dari kelas maya, hingga mengumpulkan penugasan yang diberikan dengan cara meng-upload pada setiap kegiatan belajar yang dilakukan.

Mari kita bersama-sama menyingsingkan baju untuk bergerak dengan cepat dan tepat mengikuti dinamika perkembangan pendidikan menuju arah perubahan kualitas pendidikan yang makin baik dengan berliterasi digital melalui portal rumah belajar https://belajar.kemdikbud.go.id/.


0 komentar:

Posting Komentar